Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat – Cokelat adalah hidangan yang kerap kali anda jumpai. Cokelat juga merupakan hasil olahan dari makanan ataupun minuman dari biji kakao. Mengenal lebih dalam dan memanfaatkan peluang coklat. Cokelat pertama kali ditemukan di daerah sepanjang pesisir Mesoamerika. Pada saat itu cokelat merupakan hidangan bagi para bangsawan. Pada masa kini seperti yang anda tahu cokelat merupakan tanda hadiah bagi orang terdekat anda. Cokelat juga bisa sebagai hidangan yang memiliki daya nilai tersendiri. Semakin baik proses pembuatan dan kandungan cokelat maka akan semakin tinggi nilai yang dihasilkan. Bentuk yang relatif unik dan rasa yang manis membuat cokelat sangat mudah untuk menggambarkan perasaan. 

Daftar Isi :
Sejarah Cokelat di Berbagai Negara Belahan Dunia dan di Indonesia 
Jenis – Jenis Rasa Cokelat Yang Perlu Kalian Ketahui 
Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Manusia 
Bahaya Cokelat Secara Umum Bagi Manusia Dan Hewan  
Jenis Olahan Cokelat Sangat Mudah Ala Rumahan 
Pandangan dan Proses Industri Cokelat di Indonesia

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Salah satu simbolis umum yang melambangkan cokelat yaitu cinta atau rasa sayang. Anda tidak perlu khawatir karena coklat dapat dikonsumsi dalam berbagai jenis. 

Sejarah Cokelat di Berbagai Negara Belahan Dunia dan di Indonesia

Cokelat adalah hasil olahan dari biji kakao. Biji kakao yang difermentasikan dengan sempurna akan membuat kualitas cokelat yang sangat baik. Tekstur, aroma, serta rasa akan dipengaruhi dari porses fermentasi biji kakao. Tanaman Kakao banyak ditemukan di dataran tropis. Menurut peneliat dan sumber yang ada Cokelat pertama kali ditemukan di daerah Amazon Utara hingga ke Amerika Utara. Pada zaman tersebut suku Olmec memanfaatkan tanaman cokelat dan membuat cokelat di sepanjang teluk selatan Meksiko. 

Sejarawan melakukan riset tentang penemuan cokelat. Mereka menggunakan jejak dan catatan yang ada untuk menentukan perjalanan penelitian cokelat ini. Dataran Meksiko adalah tempat pertama mereka menemukan pabrik cokelat terbesar pada zaman tersebut. Hal ini ditentukan berdasarkan dari perjalanan suku Olmec yang menemukan cokelat untuk pertama kalinya. Ada sebuah dokumentasi pada sebuah pabrik peninggalan tempat pengolahan cokelat di Puerto Escondido Honduras sekitar 1100 – 1400 tahun SM. Pada dokumenter tersebut ada ditemukannya sisa- sisa dari tangki – tangki pengolahan. Residu tersebut mematahkan teori sementara dimana cokelat hanya digunakan untuk pembuatan minuman. 

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang CoklatSumber : Chocolatepixels

Dari waktu ke waktu cokelat terus menajdi hidangan yang sangat favorit. Sejarah cokelat di Indonesia sudah ada sejak jaman Hindia-Belanda. Perkebunan kakao adalah bukti dari cokelat adalah hal yang baik untuk dikembangkan di Indonesia. Pada saat itu Spanyol dan Portugis melakukan pembudidayaan tanaman kokoa. Sementara setelah kedatangan Belanda di Indonesia, Belanda hanya berfokus pada pembudidayaan rempah, kopi, dan teh saja. 

Jenis – Jenis Rasa Cokelat Yang Perlu Kalian Ketahui

Cokelat memiliki ciri khas yang unik dari segi rasa. Jika kalian pencinta kopi maka kalian akan mengetahuinya dengan mudah. Olahan kokoa yang selama ini anda rasakan sebenarnya berbeda dari rasa asli cokelat yang ada. Cokelat yang merupakan hasil dari pengolahan biji kakao memiliki rasa yang pahit. Cokelat manis yang anda rasakan sebenarnya adalah campuran dari berbagai macam bahan. Perpaduan gula dan lemak pada cokelat membuat terasa manis dan cukup membuat anda merasa kenyang untuk beberapa waktu. 

Pemalsuan Rasa Pada Cokelat Yang Sering Kita Temui

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Rasa cokelat tergantung dari bahan campuran yang digunakan. Semakin banyak kandungan kakao murni yang anda gunakan, maka akan semakin pahit rasa dari cokelat yang anda buat. Biji kakao dapat anda hilangkan rasa pahitnya dengan campuran berbagai macam bahan. Gula dan lemak adalah campuran dasar untuk membuat rasa cokelat yang lebih manis. Selain itu juga dapat anda  campurkan dengan madu dan susu sebagai pemanis tambahan. Setelah mencampurkan pemanis dapat juga anda tambahkan vanilla untuk menciptakan aroma yang lebih wangi.

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Manusia

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat. Cokelat merupakan camilan menemani waktu santai anda. Jika anda perhatikan cokelat ini memiliki keunikan tersendiri. Pernahkah kalian merasakan seperti ada sesuatu ketika kalian mengkonsumsi cokelat? Namun ada beberapa hal yang harus kalian cermati dalam mengkonsumsi cokelat. Cokelat dapat dianalogikan seperti pedang bermata dua. Konsumsi yang cukup akan membantu kesehatan anda. Mengkonsumsi secara berlebihan akan bersifat buruk bagi kesehatan anda. 

1. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat cokelat yang satu ini sudah pasti kalian sering jumpai. Ketika kalian melihat seseorang mengkonsumsi cokelat maka kalian dapat melihat perubahan yang mereka tunjukkan. Suasana hati adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Ketika anda ingin memulai sesuatu suasana hati dapat anda sebut sebagai hal penentu dalam apa yang akan anda kerjakan. Pernah tidak kalian merasa sangat bersemangat ingin mengerjakan sesuatu? Mimin yakin kalau kalian lebih sering merasakan bosan atau malas untuk memulai sesuatu. Jangan lah khawatir jika kalian merasa lemas atau tidak bersemangat warnailah hari anda dengan konsumsi cokelat. Mengkonsumsi cokelat pastinya akan membuat hari kalian lebih bermakna.

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Riset membuktikan bahwa jika anda mengkonsumsi cokelat sesudah atau sebelum makan. Akan menimbulkan efek kenyang, kenyang yang disebabkan oleh kandungan gula dan lemak yang terkandung dalam cokelat. Hal ini dapat mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi camilan. Semakin banyak kalian mengkonsumsi camilan maka semakin cepat berat badan kalian bertambah. Konsumsi cokelat yang cukup maka baik untuk anda mencegah peningkatan berat badan dan menjaga tetap ideal.

3. Kesehatan Jantung dan Gula Darah

Cokelat mengandung beberapa zat yang dapat membangkitkan hormon pada manusia. Kandungan flavonoid dalam cokelat sangat berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang berlebih akan berpengaruh pada kecepatan jantung anda memompa aliran darah. Oleh sebab itu kandungan zat dalam cokelat sangat berguna. Selain berguna untuk mengatur kecepatan pompa jantung. Kandungan dalam gula juga berguna untuk menjaga pembuluh darah. Perhatikan juga konsumsi cokelat yang kalian konsumsi. Konsumsi cokelat yang berlebih akan memberikan efek diabetes.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah Dalam Pembuluh Darah

Kandungan Flavonoid dalam cokelat dapat juga menjadi zat pembantu. Flavonoid dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi resiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Cokelat dengan fungsi yang seperti ini terkandung hanya dalam cokelat murni tanpa campuran gula dan lemak. Campuran pada cokelat murni akan mengurangi kadar flavonoid. Kandungan flavonoid akan bekerja secara optimal dalam kadar persentase tertentu. Konsumsi secukup nya maka kalian akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

5. Kadar Kolesterol 

LDL atau kolestrol jahat adalah kandungan zat dalam darah yang wajib anda perhatikan. Kandungan Flavonoid dapat juga berguna untuk menjaga penumpukan LDL dalam aliran pembuluh darah. LDL yang menumpuk akan menghambat aliran darah. Aliran darah yang terhambat dapat memicu stroke atau kolesterol. Jika anda adalah penderita kolestrol sangat tidak kami sarankan bila mengkonsumsi cokelat. Cokelat akan lebih baik kalian konsumsi untuk mencegah bukan untuk mengobati.

6. Fungsi Dan Kesehatan Otak

Cokelat adalah hal yang paling banyak menjadi favorit berbagai lapisan umur. Jika menyinggung masalah umur maka akan berkaitan dengan kinerja otak dan daya ingat. Menurut riset yang sudah dilakukan hingga saat ini. Kadar Flavonoid dalam persentase tertentu dapat membantu otak menambah daya serap dan daya ingat. Sangat disayangkan jika pada umur yang terhitung muda sudah mudah melupakan sesuatu. Mengkonsumsi cokelat juga setelah penelitian yang lebih lanjut ternyata mengandung kandungan epikatein. Epikatein adalah zat pencegah penyakit penurunan fungsi otak. Ketika fungsi otak mulai berkurang maka konsentrasi akan sangat mudah melemah. Epikatein akan sangat berguna untuk mencegah demensia atau pikun.

7. Mencegat Perkembangan Sel Kanker

Cokelat selain mengandung zat flavonoid dan epikatein terdapat juga antioksidan. Antioksidan dalam coklat dapat mencegah kerusakan sel yang menjadi penyebab utama dari penyakit kanker. Sebuah studi yang secara khusus memperdalam tentang coklat membutikan bahwa seorang yang rajin mengkonsumsi cokelat dapat menurunkan resiko kanker. Hal tersebut merupakan pengamatan dan menggunakan subjek yang terpercaya. Setelah dalam pengamatan beberapa bulan hasil labolatorium membuktikannya dengan hasil keaktifan sel kanker dalam tubuh manusia yang rajin mengkonsumsi cokelat lebih rendah dibandingkan dengan manusia normal yang biasa.

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Bahaya Cokelat Secara Umum Bagi Manusia Dan Hewan 

Mengenal lebih dalam dan memanfaatkan peluang coklat. Cokelat memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Konsumsi cokelat yang berlebih akan berujung dengan fatal. Cokelat yang merupakan hasil olahan dari biji kakao ini memiliki kandungan berbagai macam zat yang dapat meningkatkan hormon. Dalam cokelat terdapat cukup kandungan Theobromin yang dapat meningkatkan hormon bagi manusia. Pada sisi lain Theobromin bersifat terbalik bagi beberapa hewan tertentu. Beberapa hewan yang sebaiknya tidak mengkonsumsi cokelat adalah kuda, anjing, burung kaka tua, dan kucing. Jauhkan dan waspadai hewan peliharaan anda dari cokelat. Jangan sampai hewan peliharaan kalian mengkonsumsi cokelat karena dapat berakibat fatal. Kandungan Theobromin dalam hewan tertentu akan berada dalam aliran darah kurang lebih selama 20 jam. Akibat dari kandungan Theobromin yang mengalir dalam darah hewan akan membuat peliharaan anda terjangkit epilepsi atau kejang- kejang.

Sakit Gigi

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Pada manusia bahaya konsumsi cokelat berlebih adalah pada gigi anda. Semakin banyak anda mengkonsumsi maka gula yang anda konsumsi akan berlebihan dan itu akan menganggu kesehatan gigi anda. Kerusakan pada gigi anda sebenarnya bukanlah akibat dari mengkonsumsi cokelat saja. Banyak faktor yang menyebabkan rusaknya gigi salah satunya adalah gula. Bukan cokelat melainkan kadar gula dalam cokelat tersebut. Sangat kami sarankan untuk kalian konsumsi cokelat murni dengan tingkat kemurnian di angka 70 hingga 90 persen. Gigi anda yang terkena gula setiap saat akan menghasilkan bakteri dan kuman jika tidak anda rajin bersihkan. Kuman dan bakteri tersebut menimbulkan asam yang dapat merusak jaringan gigi anda. 

Jerawat

Jerawat adalah hal yang sangat menganggu penampilan anda. Ketika kalian mengkonsumsi cokelat berlebih akan menimbulkan jerawat. Hal ini di sebabkan karena kandungan lemak dalam cokelat. Jerawat adalah tumpukan sel mati yang menjadi sarang bagi para kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri inilah yang menyebabkan jerawat membengkak atau meradang. Jerawat yang timbul akibat pembengkakan ini karena adanya penyumbatan pori – pori kulit. Selain dari pada penyumbatan karena kuman dan bakteri ada juga beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini. Penyebab lainnya dari penyumbatan adalah lemak dan hormon. Cokelat tidak akan berpengaruh pada hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat. Namun kandungan lemak yang dapat berpengaruh untuk penyumbatan.

Alergi

Jika kalian Memiliki alergi dengan kandungan coklat maka kalian wajib mengenali tanda – tandanya. Alergi adalah kondisi ketika anti bodi akan merespon dengan kandungan zat tertentu yang terdapat pada makanan dan atau minuman. Anti bodi akan mengeluarkan senyawa histamin yang akan langsung berpengaruh pada kinerja organ hidung, telinga, mata, tenggorokan, paru- paru, hingga kulit. Bila kalian alergi terhadap sesuatu maka respon yang cepat akan dirasakan adalah gatal – gatal, bersin, sesak nafas, mual, dan kram perut. Terdapat beberapa kemungkinan dari penyebab alergi cokelat. Menurut studi ada faktor utama dalam alergi cokelat. Faktor tersebut terjadi karena bahan kandungan campuran dalam cokelat bukan cokelatnya itu tersendiri. 

Berat Badan

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Cokelat banyak orang yang menolak nya karena takut meningkatkan berat badan. Berat badan yang meningkat akibat mengkonsumsi cokelat terjadi karena kandungan dalam campuran cokelat. Bukan karena cokelat itu tersendiri. Cokelat murni tidak akan meningkatkan berat badan anda karena akan sama seperti halnya kopi. Gula dan lemak campuran dalam coklat sangat berpengaruh untuk berat badan. 

Jenis Olahan Cokelat Sangat Mudah Ala Rumahan

Cokelat Padat 

Mengenal lebih dalam dan memanfaatkan peluang coklat. Cokelat padat adalah jenis olahan yang terbuat dari biji kokoa alami yang menggunakan campuran dari beberapa bahan tambahan. Masing masing dari bahan campuran tentunya mempengaruhi rasa dan ciri khas dari coklat tersebut. Cokelat yang umumnya hanya menggunakan campuran gula dan lemak nabati. Namun beberapa perusahaan pengolah cokelat mencampurnya lagi dengan bahan yang serupa namun lebih murah. Karena hal ini lah cokelat wajib anda waspadai. Cokelat padat adalah yang paling umum berada di pasaran. Jenis cokelat yang satu ini juga merupakan cokelat yang paling mudah jika ingin kalian olah. Berbagai macam olahan cokelat yang padat menjadikan cokelat ini sangat ramai dan menjadi favorit oleh orang banyak. 

Jenis – Jenis Bentuk Cokelat : 

  • Cokelat Bubuk 
  • Cokelat Tanpa Pemanis 
  • Cokelat Hitam
  • Cokelat kadar gula rendah
  • Cokelat Susu
  • Cokelat Lapisan
  • Cokelat Kacang 
  • Cokelat Compound 

Mengenal Lebih Dalam dan Memanfaatkan Peluang Coklat

Pandangan dan Proses Industri Cokelat di Indonesia

Industri cokelat di Indonesia akan menjadi sangat cocok bagi para pengusaha baru yang ingin memulai bisnisnya di Indonesia. Indonesia adalah negara dengan iklim tropis hal ini yang sangat mendukung perkembangan kakao di Indonesia. Indonesia merupakan pengekspor ke enam terbesar di dunia. Dengan penghasilan pertahun mencapai peningkatan sebesar 35% pertahunnya. Data badan pusat statistik menyebutkan pada 2019, volume ekspor biji kakao adalah kakao butter (HS 18.040.000) sebesar 40,44 persen dari total ekspor, tepung kakao (HS 18.050.000) sebesar 24,47 persen, kakao paste (HS 18.032.000) sebesar 13,89 persen, dan biji kakao (HS 18.010.000) sebesar 8,60 persen. BPS menghitung juga dari data yang ada sekali pengiriman seperti yang tahun lalu dikirim ke Malaysia mencapai 80.590.000 ton atau 22,48 persen dari total volume ekspor kakao Indonesia dengan nilai USD 172.580.000. Selain mengirimkan ke Malaysia, Indonesia juga mengirimkan ke Amerika dengan volume sebesar 61.770.000 ton atau 17,23 persen dari total volume kakao Indonesia dengan nilai USD 285.680.000 Cokelat memiliki banyak peluang baik dalam industri maupun kesehatan.  

Jangan lupa kunjungi artikel lainnya di chocolatepixels

Tinggalkan komentar